Apakah Gigi Berlubang pada Anak Bisa Menyebabkan Demam?

24 October 2022

Gigi berlubang bukan hanya masalah orang dewasa saja namun juga bisa terjadi pada anak-anak.

Gejala gigi berlubang pada anak-anak umumnya sama dengan yang terjadi pada orang dewasa, tetapi anak dengan gigi berlubang mungkin dapat bersikap rewel dan mengalami demam yang mengindikasikan adanya infeksi.

Umumnya kita semua sudah tahu bahwa kesehatan gigi yang terjaga dengan baik akan menghasilkan gigi dan gusi yang sehat serta senyum dan napas yang segar. Sebaliknya, kebersihan gigi yang buruk dapat membuat orang berisiko mengalami gigi rusak seperti gigi berlubang atau busuk.

Tanda-tanda Gigi Berlubang pada Anak

Tanda gigi berlubang pada tiap anak bisa berbeda-beda. Namun, secara umum, berikut ini adalah tandanya:

•   Bintik-bintik putih mulai muncul pada gigi di daerah yang terkena. Bintik-bintik ini menandakan bahwa enamel gigi sudah mulai rusak.

•   Rongga awal mulai terbentuk pada gigi. Rongga ini biasanya berwarna cokelat muda.

•   Bila tidak segera ditangani, rongga bisa berkembang menjadi lebih dalam dan warnanya berubah menjadi hitam.

Gigi berlubang bisa saja tidak menimbulkan gejala apapun. Kadang-kadang, anak-anak baru mengetahui bahwa gigi mereka berlubang saat memeriksakan kondisi giginya ke dokter. Namun, gigi berlubang juga dapat menyebabkan anak mengalami rasa sakit di daerah gigi yang berlubang dan peningkatan sensitivitas terhadap makanan tertentu seperti permen dan makanan panas atau dingin. Selain itu, gigi berlubang juga dapat menyebabkan anak menjadi lebih rewel, lekas marah, dan bahkan, jika sudah terjadi infeksi, timbul demam.

Cara Meredakan Demam pada Anak yang Disebabkan Sakit Gigi

Ketika Si Kecil demam, penting untuk membiarkan ia banyak beristirahat dan menjaga tubuhnya tetap terhidrasi dengan baik. Karena itu, pastikan Si Kecil minum banyak cairan, terutama cairan bening, seperti air putih, kaldu, dan minuman lainnya yang tidak mengandung gula. Selain dapat menghidrasi tubuh, minum banyak air juga dapat membantu membersihkan kuman-kuman dan bakteri yang menempel di gigi. Anda juga bisa memberikan obat penurun demam yang mengandung parasetamol sebagai pertolongan pertama saat Si Kecil saat demam.

Selain itu, Anda juga bisa memandikan Si Kecil yang sedang demam di dalam bak berisi air suam-suam kuku selama 15–30 menit. Bila Anda baru saja memberikan anak obat penurun demam, Anda perlu menunggu dulu sampai waktu pemeriksaan suhu berikutnya sebelum memandikan anak dengan menggunakan air hangat. Setelah memberikan Si Kecil obat penurun demam, periksa kembali suhu tubuhnya sekitar 45 menit kemudian.

Namun, cara yang paling baik untuk mengatasi demam pada anak akibat infeksi gigi adalah dengan mengunjungi dokter gigi. Dokter gigi atau spesialis kesehatan mulut dapat meresepkan antibiotik dan perawatan lainnya yang dapat mengobati sumber infeksi dan menghilangkan demam sepenuhnya.

Referensi

https://www.healthline.com/health/rotten-teeth#symptoms

You might like this